Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

by - 4:54:00 PM


Perkembangan otak bayi sangat penting di masa-masa kehamilan. Karena dengan perkambangan otak bayi yang maksimal, akan membuat calon bayi kita akan tumbuh menjadi bayi yang cerdas. Pernah saat pergi ke klinik untuk memeriksakan kehamilan saya yang sudah berusia 14 minggu, seorang bidan yang memeriksa kehamilan saya memberitahu untuk mengajak ngobrol bayi yang ada dalam kandungan saya 2 minggu lagi karna janinnya sudah mulai bergerak. Hal itu penting untuk perkembangan otak bayi.


Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

Setelah itu saya berfikir, ketika mengajak ngobrol janin yang ada di dalam kandungan sayapun tentu janin itu tidak akan memahami apa yang saya katakan. Tapi ternyata teman - teman saya yang sudah pernah hamil tentunya mengatakan bahwa dokter atau bidan tempat mereka memeriksakan kandungan juga menganjurkan hal yang sama untuk mengajak janin mereka mengobrol ketika janin itu sudah bergerak.

Setelah mencari tau dari beberapa sumber buku seperti biasa yang saya lakukan sebelum menulis blog, ternyata dalam buku tertulis bahwa mengajak janin atau bayi mengobrol adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan pada otak bayi. Lalu saya mencoba merangkum dari buku tersebut beberapa cara mengoptimalkan perkembangan otak pada bayi :

  1. Mengajak bayi tertawa bersama dengan beberapa bantuan mainan yang disesuaikan dengan usia bayi, dengan bantuan mainan tersebut dapat membantu untuk merangsang si bayi tertawa.
  2. Meskipun kemampuan bayi masih sangat terbatas akan tetapi pada usia bayi satu bulan ternyata sudah dapat diajak bercanda. Bercandaan yang kita lakukan dengan bayi akan mengasah kemampuan verbal bagi kita sebagai ibunya.
  3. Selain mengajak bayi kita berbicara, kita dapat sesekali mengajaknya bernyanyi. Dengan cara ini akan lebih efektif menambah perbendaharaan kata pada bayi kita.
  4. Sesekali kita dapat memeluk bayi, pelukan pada bayi akan membuatnya merasakan nyaman dan merasakan kasih sayang dari orangtuanya.
  5. Sesekali bacakanlah buku cerita atau mendongeng, karena hal ini akan membantu bayi dalam mengasah kemampuan verbal sekaligus belajar untuk memahami si ibu.
Siapapun ibu di dunia ini pasti menginginkan bayi yang tumbuh cerdas dan bahagia. Oleh karena itu semoga rangkuman tulisan di atas bisa sedikit membantu bunda - bunda cerdas dirumah untuk mengoptimalkan kecerdasan pada buah hatinya. Baca juga 10 Hal Yang Harus Di Ingat Dalam Membesarkan Anak

Sumber : “BubbaGame The Complete Baby Games Book” by Ewa Molika Sitompul
Sumber gambar : unsplash.com

You May Also Like

0 comments