Apa arti menggambar pohon saat psikotes di perusahaan?

by - 7:30:00 AM



Buat kamu yang pernah ngelamar pekerjaan disuatu perusahaan, pasti kamu pernah ikut psikotes dan biasanya diminta untuk menggambar pohon dengan kriteria berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah tetapi tidak boleh menggambar pohon jenis bambu, sawit, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya? Meskipun kita tidak tahu bagian-bagian dari pohon tersebut artinya apa, namun sebenarnya secara tidak langsung alam bawah sadar kita memilih unsur-unsur dari pohon yang menggambarkan kepribadian diri kita sendiri.

Baca Juga : Tips Lulus Psikotes

Sekarang cobalah kamu menggambar sebuah pohon di atas selembar kertas. Lalu mari kita sama-sama menganalisa berdasarkan interpretasi dari Jonathan Rich, Ph.D dengan menjawab pertanyaan berikut:


1. Pohon kamu terletak di mana pada bidang kertas? 

» Di tengah
Kamu praktis dan rendah hati. Sama seperti kamu yang memilih di bagian tengah, kamu juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Kamu menangani masalah - masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini kamu siap dengan apapun yang terjadi.

» Di bagian bawah
Kamu lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah kamu merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.
» Tinggi di atas
Kamu melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon kamu menunjukkan sikap kamu yang semakin tinggi dalam memkamung hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang kamu inginkan, kamu memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

2. Batang pohon seperti apa yang kamu gambar?

» Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti kamu bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Kamu pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian kamu juga kuat.

» Ramping
Kamu fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Kamu juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.

» Pohon bercabang di puncak
Kamu terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini

3. Berapa tinggi pohon kamu? 
» Lebih dari setengah tinggi kertas 
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Kamu juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja kamu seksama serta mencek ulang untuk memastikan kamu bekerja dengan baik.
»Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Kamu puas dengan hidup ini apa adanya. kamu juga hemat dan sangat efisien.
4. Pohon kamu terletak di mana? 
» Di tanah
Kamu mendambakan rasa aman dan stabilitas. Kamu menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana kamu bisa bertahan bertahun-tahun.
» Di pot
Kamu sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Kamu senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang - orang baru dan tempat - tempat baru.
» Di puncak gunung
Kamu mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Kamu adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada kamu.
» Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
Kamu impulsif dan spontan. Kamu sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami kamu.
» Di pulau
Kamu memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi kamu, juga membantu kamu untuk menemukan solusi dari masalah kamu

5. Apakah pohon kamu mempunyai dahan? 
» Ya
Kamu adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Kamu jarang kehilangan kesabaran karena kamu terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.
» Tidak
Jika kamu hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti kamu dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Kamu mengikuti instink-instink kamu dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya kamu benar.

6. Pohon kamu condong ke arah mana? 
» Ke kiri
Kamu cenderung memendam apa yang kamu pikirkan. Sikap kamu konsevatif dan introvert. Kamu tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun kamu tidak setuju kamu akan menyimpannya untuk diri sendiri.
» Ke kanan
Kamu berorientasi pada aksi kamu akan mengatakan apa yang kamu pikirkan kendatipun bertentangan dengan pkamungan-pkamungan orang lain.

» Lurus
Kamu berada di tengah antara memendam perasaan - perasaan kamu dan mengungkapkannya. Jadi kamu cenderung memilih perang dengan diri kamu. Kamu akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk kamu.
7. Apakah kamu menggambar akar?
» Ya
Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi kamu. Kamu menganggap itulah dasar dari siapa kamu saat inidan membantu kamu memahami diri sendiri secara lebih baik kamu menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga kamu.
» Tidak
Kamu fokus pda masa depan. Kamu mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Kamu belajar lebih banyak tentang diri kamu dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

8. Apakah pohon kamu lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ? 
» Ya
Kamu adalah pemikir yang dalam. Studi - studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat kamu suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat kamu mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena kamu cenderung melihat manfaat dari semua masalah.

» Tidak
Kamu cenderung memkamung dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti kamu tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Kamu tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Kamu memilih sebuah rencana aksi dan bergerak ke depan.

9. Apakah kamu menggambar yang lain selain pohon? 
» Buah / kacang pada pohon
Yang membuat kamu paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.
» Rumput di bawah 
Kamu punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga kamu betah tinggal disana, mebuat kamu merasa paling damai. 

» Ada bunga di bawah pohon 
Kamu paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar kamu bahagia).
» Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon 
Kamu cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar kamu. 

» Ada ayunan di pohon 
Kamu paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

You May Also Like

3 comments

  1. good mas tingkatkan ....sangat membantu

    ReplyDelete
  2. wah ternyata banyak pemahamannya yah

    ReplyDelete
  3. Saya menggambar bonsai lengkap dgn potnya. Tapi saya pernah melihat teman psikotest yg lain menggambar pohon beringin di kuburan dan ada penampakan kuntilanak disampingnya. Langsung ngakak ketika melihat. Tapi kira2 artinya apa ya? Mohon pencerahan~

    ReplyDelete