Menggaet Investor Melalui Proposal Sederhana

by - 9:17:00 PM


Saat menjalankan suatu bisnis, terkadang kita membutuhkan investor untuk membesarkan bisnis yang telah kita jalankan. Permasalahan terjadi ketika kita akan menjelaskan kepada investor tentang bagaimana proses bisnis kita berjalan. Hal ini tentu menjadi kendala tersendiri dalam penyampaiannya. Salah - salah, terjadi misunderstand antara yang kita sampaikan dengan yang dimengerti oleh investor.

Oleh karena itu, muncul ide untuk menumpahkan proses bisnis itu kedalam kanvas. Polanya hampir sama sedang mind mapping, bedanya untuk kanvas bisnis ini sudah ada template-nya, sehingga kita cukup tempelkan saja proses bisnis tersebut di template tersebut.

Pada saat sekarang ini, kanvas yang lagi trend dan banyak digunakan adalah Business Model Generation. Berikut tampilan gambarnya :



Berikut penjelasan sederhana mengenai kanvas diatas :

1. Costumer Segments
Disini, kita akan menjelaskan tentang segmen pelanggan. Misalnya : Siapa pelanggan dari bisnis kita? Apa yang mereka butuhkan dari bisnis yang kita jalankan? Apa yang ingin mereka lihat dan rasakan?

2. Value Propositions
Disini, kita akan menjelaskan tentang proposisi nilai. Yaitu : Alasan mengapa pelanggan harus membeli dari kita? dan juga apa yang menarik dari bisnis kita?

3. Channels
Disini, kita akan menjelaskan tentang penyaluran. Yaitu : Bagaimana proposisi itu akan kita promosikan, kita jual, dan kita sampaikan kepada pelanggan?

4. Customer Relationships
Disini, kita akan menjelaskan tentang hubungan dengan pelanggan. Yaitu : Bagaimana cara kita berinteraksi dengan mereka. Bagaimana caranya agar pelanggan dapat menghubungi kita?

5. Revenue Streams
Disini, kita akan menjelaskan tentang aliran pendapatan. Yaitu : Darimana keuntungan akan kita dapatkan dari proposisi kita tadi.

6. Key Activities
Disini, kita akan menjelaskan tentang kunci dari aktifitas. Yaitu : sesuatu yang unik/berbeda yang akan kita tanamkan pada proposisi kita.

7. Key Resource
Disini, kita akan menjelaskan tentang kunci dari sumber. Yaitu : Bagaimana asset kita tersebut unit sehingga mampu bersaing dalam dunia bisnis

8. Key Partnership
Disini, kita akan menjelaskan tentang kunci dari kemitraan. Yaitu : Apa saja yang tidak harus dilakukan oleh sebuah perusahaan sehingga tetap fokus pada kunci dari aktifitas.

9. Cost Structure
Disini, kita akan menjelaskan tentang struktur biaya. Yaitu : Biaya apa saja yang dikeluarkan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Diatas merupakan penjelasan sederhana dari Business Model Generation. Mungkin masih membingungkan untuk dicerna, dilain kesempatan akan saya tuliskan lagi contoh - contoh dari penggunaan kanvas ini.

Untuk lebih memahami penjelasan dari 9 komponen diatas. Anda bisa memutar video dibawah ini :




Terima Kasih

You May Also Like

1 comments

  1. situs pembeli pertama di indonesia www.caripembeli.com

    ReplyDelete