3 Cara Mudah Dan Murah Mendapatkan Pelanggan dari Internet

by - 7:30:00 PM


Sulit cari pelanggan baru? Jika Anda FRUSTASI mendapatkan pembeli dengan cara-cara seperti cold call, door-to-door sales, mengikuti pameran atau melakukan promosi-promosi berbiaya mahal lainnya, why not try internet?

Di Indonesia sendiri, saat ini pengguna internet sudah mencapai puluhan juta orang dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Artinya, ada banyak sekali target market potensial di internet sehingga sayang kalau Anda tidak memanfaatkannya bagi bisnis Anda.

Terutama jika Anda baru saja memulai bisnis, dimana diperlukan cara-cara marketing yang low cost namun high impact, maka internet bisa menjadi “senjata pamungkas” Anda. Berikut adalah 3 cara MUDAH dan MURAH untuk mendapatkan pembeli dari internet:

1. Promosi di Forum
Ada banyak forum-forum di internet. Ada forum yang sifatnya umum (seperti Kaskus, Detik Forum, Kompas Forum, dll) dan ada juga forum-forum yang segmented (misalnya forum khusus fotografi, forum khusus komunitas IT, dll). Umumnya di masing-masing forum tersebut ada bagian Jual Beli dimana kita bisa mempromosikan jasa atau produk yang kita jual (atau yang biasa dikenal juga dengan istilah “buka lapak”).

Poin-poin yang perlu diperhatikan:
Jangan melakukan spamming dan bentuk-bentuk promosi yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna forum lainnya. Misalnya promosi di thread orang lain yang tidak ada hubungannya. Setelah Anda buat thread promosi Anda di bagian jual beli, jangan lupa sering-sering up thread Anda tersebut. Karena kalau tidak maka thread Anda akan tenggelam oleh thread-thread lain. Pastikan Anda membaca aturan main di masing-masing forum dulu sebelum beriklan. Jika Anda tidak mematuhi aturan, bisa-bisa Anda terkena banned dari moderator forum. Carilah forum yang memang pengunjungnya ramai dan popular. Jangan hanya promosi melulu, sekali-kali ikutlah aktif dalam thread orang lain dimana Anda bisa ikut berkontribusi seperti memberikan opini, pendapat, dan tips-tips yang bermanfaat.

2. Promosi Menggunakan Google Adwords
Bagi Anda yang masih awam atau tidak begitu paham dengan Google Adwords, silahkan Googling untuk lebih detailnya. Karena akan sangat panjang sekali kalau harus dibahas disini. Secara sederhana, dengan Google Adwords maka website Anda bisa LANGSUNG muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencari produk atau jasa Anda. Teknik ini tergolong low cost dan efektif, cocok buat bisnis skala kecil, karena sistem yang digunakan adalah Pay-Per-Click (PPC). Artinya, Anda hanya perlu membayar jika ada orang yang klik iklan website Anda yang ada di page 1 Google.

Poin yang perlu diperhatikan:
Untuk memakai Google Adwords agak “ribet” dan membingungkan bagi yang masih pemula, apalagi kalau Anda tidak melek internet. Alokasikan waktu untuk mempelajarinya jika Anda benar-benar serius ingin menggunakannya. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa menggunakan jasa konsultan Google Adwords.

3. Promosi di Iklan Baris
Tergantung dari jenis bisnis Anda, iklan baris bisa menjadi sarana promosi di internet yang cepat, murah, dan mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan deskripsi singkat produk/ jasa Anda, foto produk, dan nomor contact yang bisa dihubungi.

Beberapa website iklan baris yang cukup populer dan ramai pengunjung di Indonesia adalah:
www.indonetwork.co.id
www.hotfrog.co.id
www.id.88db.com

Masih banyak lagi sebenarnya website penyedia jasa iklan baris. Bahkan kalau Anda tidak mau repot, banyak yang menyediakan jasa blast iklan baris. Artinya, Anda cukup memberikan materi ke si penyedia jasa, maka dia akan submit iklan Anda di banyak iklan baris sekaligus. Biaya jasa tersebut pun relatif murah. Praktis bukan?

Poin yang perlu diperhatikan:
Menurut saya, tidak semua produk/ jasa cocok menggunakan jasa ini. Contohnya adalah produk/ jasa yang tergolong premium, prestigious, dan mahal. Hal ini dikarenakan iklan baris terkesan “murah” dan hanya cocok untuk bisnis yang masih kecil.

You May Also Like

0 comments